Just The Way I am :)

Just The Way I am :)

♥Welcome♥



Stick-it notes

Sabtu, 02 Juli 2011

Permainan Kartu UNO

ada yang tau kartu uno?
Ok, disini aku mau share tentang permainan kartu UNO .

check it out,Pals.. :D

UNO, dalam bahasa indonesia berarti "SATU". Merupakan sebuah permainan yg menarik, melatih kesabaran, keuletan, fokus mata dan lain-lain. Perlu diketahui, permainan ini merupakan salah satu permainan populer didunia khususnya tempat pembuatnya di ITALIA, Numero UNO .

Kebanyakan orang (termasuk aku pribadi) menganggap permainan ini kurang menarik dan monoton, dan menganggap permainan anak kecil :D
Namun itu hanya anggapan dari orang yang belum tau cara memainkannya, katanya sih kalo  udah tau cara memaikannya sih pasti akan langsung ketularan malah addicted . Soalnya aku sendiri belum pernah mencoba, tepi kelihatannya emang asyik :)

Kartu UNO sendiri ada berbagai macam gambarnya, seperti :
UNO doraemon
UNO dora

UNO hello kitty

Ok, kan udah tau macem2 gambarnya . Sekarang langsung ke isi dari box kartu UNO-nya :D
Isi dari box kartu UNO ada 108 kartu .
19 Kartu Biru >> 0 sampai 9
19 Kartu Hijau >> 0 sampai 9
19 Kartu Merah >> 0 sampai 9
19 Kartu Kuning >> 0 sampai 9
8 Kartu Draw Two >> masing-masing 2 kartu biru, 2 hijau, 2 merah, 2 kuning
8 Kartu Reverse >> masing-masing 2 kartu biru, 2 hijau, 2 merah, 2 kuning
8 Kartu Skip >> masing-masing 2 kartu biru, 2 hijau, 2 merah, 2 kuning
4 Kartu Wild
4 Kartu Wild Draw Four

di Kartu UNO ada beberapa kartu simbol beserta artinya, seperti ini :D
Draw Two
Kartu Draw Two >> Ketika kartu ini dimainkan, pemain selanjutnya harus mengambil 2 kartu dan gilirannya dilewati. Kartu ini hanya dapat dimainkan dengan mencocokkan warna dan kartu draw two lainnya. Jadi misalnya si A ngeluarin kartu draw two, nah si B otomatis ambil kartu hukuman sebanyak 2 kartu, tapi misal si Bnya punya kartu draw two lagi, bisa dikeluarin kartunya ntar yang kena hukuman si C kalo si C gapunya kartu draw two lagi, si C kena 4 kartu, berlaku kelipatan sesuai yang ngeluarin kartu draw two :D
Reverse
Kartu Reverse >> Hanya mengganti arah putaran permainan. Permainan ke kiri menjadi ke kanan dan sebaliknya. Misal ada pemain A-B-C-D, bila D mengeluarkan kartu REVERSE maka putaran berubah menjadi D, C, B dan A.
Skip
Kartu Skip >> Berguna untuk melewat giliran pemain selanjutnya setelah giliran pemain yang mengeluarkan skip. Misalnya permainan diikuti dengan giliran secara berurutan: si A, si B, si C dan si D, bila si A mengeluarkan kartu skip maka giliran si B akan dilewati dan selanjutnya yang jalan adalah si C.

Wild
Kartu Wild >> Kartu ini dapat dimainkan untuk semua kartu. Pemain yang memainkan kartu ini menentukan warna untuk melanjutkan permainan. Pemilihan warnanya pun bebas sesuai keinginan si pemain yang mengeluarkan kartu ini .
Wild Draw Four
Kartu Wild Draw Four >> Pemain yang mengeluarkan kartu ini diperbolehkan menentukan warna yang akan dimainkan selanjutnya dan pemain berikutnya harus mengambil 4 kartu dan kehilangan giliran mainnya. Misalnya permainan diikuti dengan giliran secara berurutan: A, B, C dan D, bila A mengeluarkan kartu ini, maka B harus mengambil 4 kartu, kemudian A memilih warna dan selanjutnya yang jalan adalah C sesuai dengan warna yang dipilih A .

Nah, udah tau kan simbol2 dari kartu uno ini, sekarang kita liat cara mainnya yaaa.. :D
Jumlah pemain kartu uno ini antara 2 sampai 10 orang pemain.
Setiap orang pemain diberi kartu uno sebanyak 7 kartu yang sudah di kocok, dan sisanya diletakkan terbalik untuk membentuk kartu ambilan (draw pile). Kartu ambilan teratas dibalikan untuk membentuk kartu buangan (discard card)
Pemilihan pemain pertama ada beberapa versi, ada yang pake cara setiap pemain ambil kartu dan diliat yang kartu tertingginya siapa itu yang jadi pemain pertama, tapi kalo TS sih simple aja gan, pake cara jadul "hompimpa" =))
Pemain pertama membuang kartu dengan menyamakan warna, angka atau simbol dengan kartu buangan tadi.
misal : Jika kartu buangan pertama adalah 7 merah, agan harus meletakkan kartu merah apa saja atau angka tujuh apa saja, agan juga bisa ngeluarin kartu Wild, jika agan gapunya sama sekali kartu yang sesuai, atau mengambil kartu dari draw pile (kartu ambilan).
Jika kartu ditangan agan tinggal 1, jangan lupa bilang kalo perlu teriak "Unooooooo" biar pemain lain denger :p
Kalo agan ga bilang/teriak "unooooo", tar agan dapet hukuman :D
ambil 2 kartu lagi dari kartu ambilan
:D

Akhir permainan Kartu Uno ini juga ada beberapa versi, ada yang misalnya salah 1 pemain udah ga megang kartu karena kartunya abis, itu tandanya permainan berakhir, lalu diitung jumlah angkanya .

Ini perhitungannya :
Ketika kartu habis, bisa menilai jumlah angka kartu yang tersisa ditangan pemain lainnya, daftar nilai angkanya :
Draw Two >> 20 Angka
Reverse >> 20 Angka
Skip >> 20 Angka
Wild >> 50 Angka
Wild Draw Four >> 50 Angka.

Selamat Mencoba ! :)

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9408943

2 komentar:

♥Free SMS♥

♥Thank You♥



Free Widgets